PENERAPAN E-BUSINESS PADA WEBSITE AIRASIA.COM



AirAsia Berhad beroperasi sebagai AirAsia (MYX5099) adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya murah yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. AirAsia sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Malaysia. Dengan jaringan rute di IndonesiaArab SaudiJepangMalaysiaThailandSingapura, dan Vietnam serta rute carter menuju Cina dan Hong Kong, AirAsia menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan Lion Air dari Indonesia.



Air Asia merupalan salah satu maskapai penerbangan yang menerapkan e-business yaitu, mennggunakan aplikasi berbasis website. Melalui airasia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs tersebut untuk melakukan reservasi tiket pesawat, bahkan lebih jauh lagi mereka dapat melakukan reservasi hotel dan berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh Air Asia. e-business terbaik di Indonesia saat ini adalah e-business yang dimiliki oleh perusahan penerbangan Indonesia Air Asia, yaitu www.airasia.com
Dalam penerapan e-business pada airasia.com dapat dinilai dengan 5 aspek, yaitu:
1. Aspek efisiensi
Manfaat paling cepat yang dapat diperoleh perusahaan yang terjun dalam E-bisnis adalah perbaikan tingkat efisiensi.Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi di dalam berbagai rangkaian bisnis sehari-hari, maka akan terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa dikeluarkan tersebut. Dengan sistem e-business Air Asia dapat melakukan efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent, Air Asia tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan lainnya.
2. Aspek Efektifitas
Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional sehari-hari. Dengan teknologi informasi perusahaan dapat berhubungan dengan pelanggannya secara nonstop 24 jam.

   E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana aplikasi ini  ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi konvensional. Penerapan e-business pada Air Asia memberikan keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak customer.
3. Aspek Jangkauan
Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan untuk ekspansi dengan mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal.
Dengan layanan pemesanan tiket pesawat AirAsia di airasia.com mampu melayani pelanggan yang cukup jauh jaraknya dan dapat melayani pelanggan yang tidak memiliki waktu yang cukup jika harus langsung datang memesan secara langsung.
4. Aspek Struktur
    Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut dengan Global Distribution System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang berupa Graphical User Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Saat pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut secara real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket pesawat.

5. Aspek Peluang
Transaksi pemesanan tiket pesawat Air Asia semakin mudah dengan menggunakan kartu kredit dan debit Permata Bank, dengan membayar menggunakan kartu tersebut memberikan customer banyak keuntungan dan berbagai cara mengumpulkan BIG Points untuk mendapatkan tiket penerbangan gratis. Bagi pemegang AirAsia Platinum Credit Card, Anda juga bisa mendapatkan AirAsia Debit Card, jadi Anda akan tetap mendapatkan BIG Points ekstra baik dengan AirAsia Platinum Credit Card ataupun AirAsia Debit Card.


REFRENSI:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jaka tarub dan 7 bidadari

Tutorial Foto Light Color dengan Vsco (edisi lebaran)

Roti Buaya Lambang Kesetiaan Suku Betawi