PENERAPAN E-BUSINESS PADA WEBSITE AIRASIA.COM
AirAsia Berhad beroperasi
sebagai AirAsia (MYX: 5099) adalah sebuah maskapai
penerbangan berbiaya murah yang
berpusat di Bandara
Internasional Kuala Lumpur. AirAsia
sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Malaysia. Dengan jaringan rute
di Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam serta rute carter
menuju Cina dan Hong Kong, AirAsia menjadikan dirinya
sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan Lion Air dari Indonesia.
Air Asia merupalan salah satu maskapai penerbangan
yang menerapkan e-business yaitu,
mennggunakan aplikasi berbasis website. Melalui
airasia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs tersebut untuk melakukan
reservasi tiket pesawat, bahkan lebih jauh lagi mereka dapat melakukan
reservasi hotel dan berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh Air Asia. e-business terbaik di Indonesia saat ini
adalah e-business yang dimiliki oleh perusahan penerbangan Indonesia Air Asia,
yaitu www.airasia.com
Dalam penerapan
e-business pada airasia.com dapat dinilai dengan 5 aspek, yaitu:
1. Aspek
efisiensi
Manfaat paling cepat yang dapat diperoleh perusahaan yang
terjun dalam E-bisnis adalah perbaikan tingkat efisiensi.Dengan dimanfaatkannya
teknologi informasi di dalam berbagai rangkaian bisnis sehari-hari, maka akan
terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang
biasa dikeluarkan tersebut. Dengan sistem e-business Air Asia dapat melakukan
efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent, Air Asia tidak perlu membuat
sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan lainnya.
2. Aspek
Efektifitas
Manfaat ini dapat dirasakan
ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam cara perusahaan
melakukan aktivitas operasional sehari-hari. Dengan teknologi informasi
perusahaan dapat berhubungan dengan pelanggannya secara nonstop 24 jam.
E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business
to Consumer dimana aplikasi ini ditujukan agar konsumer dapat langsung
berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti
sistem reservasi konvensional. Penerapan e-business pada Air Asia memberikan
keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak customer.
3. Aspek
Jangkauan
Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak
perusahaan untuk ekspansi dengan mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan
tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal.
Dengan layanan pemesanan tiket pesawat AirAsia di airasia.com mampu melayani pelanggan
yang cukup jauh jaraknya dan dapat melayani pelanggan yang tidak memiliki waktu
yang cukup jika harus langsung datang memesan secara langsung.
4. Aspek
Struktur
Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut
dengan Global Distribution System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang
berupa Graphical User Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
Saat pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut
secara real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan
validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan
suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket
pesawat.
5. Aspek Peluang
Transaksi pemesanan tiket pesawat Air Asia semakin mudah
dengan menggunakan kartu kredit dan debit Permata Bank, dengan membayar
menggunakan kartu tersebut memberikan customer banyak keuntungan dan berbagai cara mengumpulkan BIG
Points untuk mendapatkan tiket penerbangan gratis. Bagi pemegang AirAsia
Platinum Credit Card, Anda juga bisa mendapatkan AirAsia Debit Card, jadi Anda
akan tetap mendapatkan BIG Points ekstra baik dengan AirAsia Platinum Credit
Card ataupun AirAsia Debit Card.
REFRENSI:
Komentar
Posting Komentar