Kereta Maglev Tercepat di Dunia Buatan Jepang

Kereta maglev (singkatan dari magnetically levitated trains, dalam bahasa Indonesia disebut kereta api levitasi magnetik) adalah jenis kereta api yang mengambang secara magnetik. Sering juga disebut kereta api magnet.

Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Kereta maglev juga memanfaatkan magnet sebagai pendorong. Dengan kecilnya gaya gesek dan besarnya gaya dorong, sehingga bisa melaju lebih cepat dari kereta biasannya.

Kereta ini secara konsisten mulai dikembangkan pada tahun 2004 di Jepang yang mengadopsi teknologi dari Jerman. Di tahun yang sama, China justru mendahului Jepang untuk me-release kereta ini. Sekarang, hanya beberapa negara maju yang menggunakan kereta ini, antara lain Jepang, China, Jerman, Perancis dan Amerika. Dikarenakan mahalnya biaya pembuatan relnya, hingga tahun 2007 hanya ada 2 negara yang berani mengkomersilkan kereta ini, yaitu Shanghai Transrapid di Tiongkok dan Linimo di Jepang.

Pada tahun 2015 lagi-lagi negeri matahari ini menemukan kereta maglev dengan kecepatan mencapai 603km/h mengalahkan kereta maglev berasal dari Cina yang kecepatannya 501km/h. Dengan kecepatan kereta maglev yang terbaru  ini manusia bisa melaju setara mobil F1. Kereta ini mendapatkan predikat kereta tercepat di dunia.



Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jaka tarub dan 7 bidadari

Tutorial Foto Light Color dengan Vsco (edisi lebaran)

Roti Buaya Lambang Kesetiaan Suku Betawi